Sabtu, 18 Desember 2010

Badai Hebat di Israel, Patung Romawi Kuno muncul dari Laut

Sebuah badai hebat melanda Israel dan meruntuhkan sebagian tebing di sebuah teluk dan memunculkan patung Romawi kuno yang ditaksir berumur ribuan tahun. Patung langka Romawi ini terbuat dari marmer putih berwujud wanita yang memakai toga dan sandal, tetapi kepala dan tangannya sudah hilang. Patung ini ditaksir berumur 2000 tahun, tinggi 1,2 meter dan berbobot 200 kg.

Patung ditemukan seorang yang sedang berjalan di pinggir pantai di Ashketon di tepi barat Jerusalam. Pemerintah setempat menyebutkan bahwa patung ini dahulu kemungkinan didatangkan dari Italy, mesir atau wilayah Asia Minor dan mungkin merupakan perwujudan dewi "Aphrodite." Peneliti setempat menyarankan patung ini disimpan agar tidak rusak.

Laut telah memberikan kita patung yang luar biasa, kata peneliti Yigal Israeli. Kemungkinan dahulu kala patung ini jatuh kelaut dari tebing yang runtuh

Selain patung, badai juga menghancurkan penghalang yang melindungi pelabuhan kuno Caesara, dan mengancam situs sejarah tersebut. Situs itu sekarang mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi, dan sebenarnya pemerintah sudah mengisyaratkan akan ancaman kerusakan tersebut beberapa bulan sebelumnya.

Ashkelon juga dikenal sebagai tempat ditemukannya 100 tulang belulang bayi dari jaman Romawi , yang ditemukan diselokan dibawah suatu rumah pemandian pada tahun 1988. Temuan yang ditemukan masyarakat ini juga akan dipamerkan di museum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar